Naqsabandiyah Idul Adha Sehari Lebih Cepat dari Pemerintah

PADANG, MediaFortuna - Sehari lebih cepat dari mayoritas umat muslim di Indonesia, besok, Kamis 26 November 2009, jamaah Tareqat Naqsabandiyah Sumatera Barat akan merayakan hari raya Idul Adha. Rencananya, mereka akan menggelar Shalat Idul Adha di sejumlah lokasi di Pasar Baru, Padang.

Keputusan penetapan Idul Adha lebih cepat satu hari dari pemerintah sesuai dengan hisab munjid (penanggalan) yang dilakukan Mursyid (guru) Syafri.

"Sesuai hisab dan hilal pada saat itu kita memutuskan Idul Adha jatuh pada hari Kami 26 November 2009," kata Syafri Malin Mudo, Rabu, 25 November 2009.

Menurutnya, penanggalan yang dilakukan jamaah tareqat Naqsabandiyah sesuai dengan penetapan Ramadhan dan Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Saat Ramadhan kemarin, tareqat Naqsabandiyah menetapakan 1 Ramadhan jatuh dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah. Hal ini yang menyebabkan Idul Adha Naqsabandiyah tahun ini satu hari lebih awal dari penetapan pemerintah.

Namun, tidak semua jamaah Naqsabandiyah Sumbar menetapkkan Idul Adha jatuh pada hari Kamis. Mursyid Naqsabandiyah lainnya, justru menyatakan Idul Adha Naqsabandiyah sesuai dengan penetapan pemerintah.

"Tahun ini, Idul Adha kita sama dengan penerintah," kata Mursyid Ibnu Abbas.

Menurutnya, perbedaan dalam tubuh Naqsabandi itu sendiri tidak menjadi persoalan bagi pengikut ajaran tersebut yang tersebar di sejumlah kota/kabupaten di Sumatera Barat.

"Jika jamaah menanyakan pada saya, Idul Adha jatuh pada hari Jumat, sama dengan pemerintah," kata dia.

Meskipun tidak terdata secara pasti jumlah pengikut jamaah Naqsabandiyah di Sumbar, ajaran tareqat ini telah tersebar di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Payakumbuh, Padang, Bukittinggi.

Naqsabandiyah memiliki penanggalan sendiri yang disusun Buya Syafri Malin Mudo. Beliau dikenal sebagai Mursyid, guru bagi kalangan jamaah naqsabandiyah, karena pengetahuannya. (ainulwafa/VIVAnews)

Posted by arif fortuna on 23.59. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �Naqsabandiyah Idul Adha Sehari Lebih Cepat dari Pemerintah�

Leave comment

dailyvid

FLICKR PHOTO STREAM

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign