Amnesti Internasional Kritisi Larangan Menara Masjid

SWISS, Media Fortuna - Amnesty International mengkritik pernyataan rakyat Swiss yang menolak konstruksi menara-menara mesjid di negara itu dalam jajak pendapat hari Minggu lalu. Seperti dilansir situs berita Amerika Serikat “Fox News” bahwa penolakan masyarakat Swiss terhadap konstruksi menara masjid di Swiss adalah bentuk pelanggaran terhadap kebebasan beragama.

Lembaga yang bergerak dalam perjuangan HAM ini berharap hasil jajak pendapat yang sarat Islamophobia itu dibatalkan oleh Mahkamah Agung Swiss atau Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia.

Hasilnya, pemerintah dan parlemen Swiss menolak hasil jajak pendapat rakyat Swiss karena terbukti melanggar konstitusi Swiss dan prinsip kebebasan beragama di negeri ini.

Di lain pihak, harian Kristiani Amerika “Science Monitor” melansir bahwa larangan pembangunan menara masjid di Swiss berasal dari kekhawatiran terhadap penebaran Islam di negara mereka. Dan dalam editorialnya surat kabar tersebut menulis bahwa pemerintahan Swiss mesti menghadapi dilema besar di tengah pro-kontra kepentingan internal dan desakan eksternal.

“Memang benar bahwa negara-negara Eropa sering mengalami diskomunikasi dengan warga muslim, dan bisa jadi alasan antisipasi dari permasalahan serupa telah mendorong partai ekstrimis sayap kanan Swiss untuk melancarkan kampanye pelarangan pembangunan menara-menara masjid di Swiss” bela harian tersebut.

Bahkan harian itu mengklaim: “Swiss hanya didiami oleh sekitar setengah juta warga muslim dan jarang sekali ditemukan wanita yang memakai burqa/cadar terlihat di jalan-jalan serta tidak seorang pun warga muslim Swiss yang berupaya menerapkan hukum Islam di negara ini.” (fortuna/MI).

Posted by arif fortuna on 09.17. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �Amnesti Internasional Kritisi Larangan Menara Masjid�

Leave comment

dailyvid

FLICKR PHOTO STREAM

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign